Tutorial Menggunakan
Mail Merge Ms. Word Dalam Membuat Surat Masal
Manajemen Informatika
Politeknik Negeri Lampung - Membuat surat sangatlah dibutuhkan ketika kita
sedang membuat acara tertentu dan turut mengundang orang-orang kerabat dekat
maupun saudara kita sendiri . Bahkan surat atau undangan merupakan hal yang
sangat penting untuk mengundang di acara formal. Dalam membuat surat atau
undangan saya sarankan menggunakan aplikasi Microsoft Word. Dengan aplikasi ini
kita sangatlah dimudahkan untuk membuat surat secara masal dengan menggunakan
Mail Merge.
Mail Merge merupakan fitur
yang digunakan untuk membuat surat yang berfungsi menginputkan nama, jabatan,
tempat tinggal ataupun lainnya kedalam satu surat induk tanpa kita harus
mengcopy satu persatu surat itu. Bayangkan saja jika kita ingin membuat
100surat dan kita mengetikan/memasukan penerima dengan manual(copy-paste) maka
akan sangatlah lama dan ribet. Maka dari itu kita seharusnya menggunakan Mail
Mege ini untuk menginputkan datanya ke surat induk kita. Berikut Cara Membuat
Surat Masal Mail Merge dengan Microsoft Word :
·
Klik
Tab Menu Mailing pilih Start Mail Merge dan pilih Letter untuk membuat
undangan.
·
Langkah
selanjutnya yakni dengan Membuat sumber data (penerima) Klik Select Recipient
lalu pilih Type New List.
·
Setelah itu akan
muncul kotak dialog untuk menginput data penerima. Karena yang kita inputkan
hanya dua saja maka kita pilih Costumize Column untuk mengganti nama kolom.
Setelah itu hapus semua kolom data, dan ganti dengan menambahkan kolom Penerima
dan Ketua Program Studi. OK.
·
Inputkan nama
penerima serta Ketua program studinya kemudian save .
·
Setelah data
sudah terinput, untuk memasukan penerima kedalam surat pilih Insert
Merge Field, pilih sesuai data yang dikosongkan tadi.
·
Setelah data terisi
semua untuk menampilkan nama penerima serta ketua program yakni Klik Priview
Result dan untuk mengganti nama yang lainnya tekan panah kecil pada Priview
Result.
·
Untuk mencetak
semua surat Klik Finish & Merge lalu pilih Print Document. All untuk mencetak
semua dokumen / surat.
·
Dengan
menggunakan Mail Merge di Microsoft Word sangat memudahkan kita dalam membuat
surat secara masal tanpa harus menulisnya ulang atau dengan mengcopy-paste
setiap halamannya dan lalu mengganti nama penerima. Sekian postingan Membuat
Surat Masal Mail Merge dengan Microsoft Word. Terima Kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar