Pengenalan Microsoft
Excel 2010 Menu Dan Fungsi
Pengertian Microsoft excel adalah program aplikasi lembar
kerja spreadsheet yang didistribusikan oleh microsoft untuk sistem operasi
windows dan IOS yang berfungsi untuk mengolah data angka. Microsoft excel
mempunyai lebih dari 1000 features dan 100 lebih menu yang dapat kita gunakan
untuk mengolah data.
·
Quick acces toolbar
Area ini adalah untuk
menampilkan shortut cara cepat untuk menggunakan tool yang sering digunakan,
secara default ada tiga tools yaitu save, undo, redo. nantinya kita dapat
menambahkan beberapa tools contohnya insert function, macros, Filter dan lainya
sesuai dengan kebutuhan kita.
·
Ribbon
Ribbon pertama kali
diperkenalkan pada Office 2007, fungsinya adalah untuk mengelompokan tools
kedalam sebuah menu. dengan tujuan user lebih intuitif dalam menggunakan tool
pada excel. sebagai contoh tools yang berkaitan dengan pegolahan data akan di
simpan pada tab data, tools yang berkaitan dengan formula akan disimpan pada
tab formulas.
·
Formula bar
Berfungsi untuk
menampilkan, mengedit, menghapus formula (rumus) yang kita tuliskan dalam cell.
·
Spreadsheet grid
Area ini adalah lembar
kerja utama excel tempat dimana kita dapat menambahkan angka, grafik/chart.
area berisi kolom dan baris yang digunakankan sebagai pengalamatan cell, untuk
kolom menggunakan huruf dari A-Z untuk baris menggunakan angka. jumlah kolom
dan baris pada area ini adalah 1048576 Baris dan 16384 kolom.
dengan jumlah kolom dan baris yang banyak ini excel mampu menampung data besar
untuk di olah dengan berbagai tools excel dalam dunia Businness Inteligent.
·
worksheet
Secara default dalam
satu lembar kerja excel ada tiga worksheet yang dapat digunakan untuk mengolah
data. dengan nama default sheet1, sheets2, sheet3. maksimum halaman yang bisa
kita tambahkan adalah 255 halaman. kita dapat menambahkan menghapus sesuai
kebutuhan.
·
Status Bar
Adalah bar horizontal
yan berfungsi untuk menampilkan informasi status data excel. status bar juga
menampilkan quick summary dari data yang kita seleksi (sum, average, min, max,
Count). Pada samping kanan bawah juga terdapat Slider zoom in dan zoom out
untuk mengatur besar kecilnya tampilan halaman kerja excel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar